Kamis, 07 April 2011

WISATA BUNGA DI CIHIDEUNG

Bandung sudah lama dikenal sebagai Kota "Kembang'' (bunga-red). Julukan itu tentu tidak berlebihan, karena kota itu penuh dengan bunga-bunga nan indah memesona. Tetapi, tahukah anda tentang dari mana datangnya tanaman yang membuat Bandung bisa memperoleh gelar sebagai Kota Kembang itu?

Ibukota Provinsi Jawa Barat (Jabar) itu sudah sejak lama populer sebagai Kota Kembang dan tentu tidak berlebihan pula kalau Bandung disebut sebagai kota yang paling romantis di seantero nusantara. Dan inilah relasinya dengan salah satu julukan Bandung Paris Van Java. Bagaimana tidak, saat akhir pekan tiba, puluhan penjual bunga potong yang kebanyakan mahasiswi berparas cantik dan manis sibuk menawarkan bunga-bunga mawar atau bunga rangkaian kepada para pejalan kaki di jalan-jalan protokol di kota ini.


Kawasan seputar Jalan Dago misalnya, kehadiran para gadis cantik yang menawarkan bunga yang indah itu dengan mudah ditemukan. Biasanya bunga potong dijual sebagai salah satu cara menggalang dana untuk acara-acara di kampus yang mulai trend sejak 1997 hingga sekarang.

Tapi dari manakah gerangan bunga-bunga itu diperoleh. Bunga mawar potong, yang dijual satuan atau dirangkai dengan krisan, herbas dan sedap malam atau pun bungan jenis lainnya itu, ternyata asalnya dari kawasan kebun bunga di Kecamatan Parompong, Kabupaten Bandung.

Menurut keterangan Ida Hidayat, seorang ketua Kelompok Tani Giri Mekar di Lembang, ang ditemui Pembaruan, baru-baru ini, dalam sepekan setidaknya 10.000 bunga potong dihasilkan dari kecamatan Parongpong. Bunga Potong tersebut menurutnya dijual ke Bandung dan Jakarta serta untuk keperluan dekorasi panggung atau pesta-pesta pernikahan.

Di Kecamatan Parongpong terdapat tiga desa, yaitu Cihideung, Mekarwangi dan Cisusung dimana sekitar 80 persen penduduknya bergerak di sektor bunga potong dan produksi bunga polybag. Artinya, bunga telah menjadi sumber mata pencaharian pokok warga Kecamatan Parompong tersebut.

Salah satunya adalah desa Cihidueng, desa yang terletak di kecamatan Parongpong ini, yang dulunya hanya merupakan tempat bercocok tanam ala kadarnya saja, kini telah berkembang menjadi "Kawasan Wisata Bunga". Kawasan ini memang tepat disebut sebagai kawasan wisata bunga, karena di sepanjang desa ini terlihat berbagai tanaman bunga yang dikembangbiakkan. Berbagai jenis tanaman bunga bisa kita temui di desa Cihideung ini, dari tanaman hias hingga tanaman potong. Tanaman (bunga) hias biasanya adalah tanaman yang digunakan untuk memperindah taman, dan tanaman (bunga) potong biasanya adalah tanaman/ bunga yang diperlukan untuk keperluan dekorasi. Di desa Cihideung ini lebih dari 80% warga desa Cihideung menjadi petani bunga, dimana terdiri dari 30% petani bunga potong, dan 50% petani bunga hias.

Kalau ke Bandung jangan lupa melaju ke Cihideung mulai dari Ledeng naik jalan Kol Masturi sampai Villa Istana Bunga, di Lembang. Seneng ngeliat kaktus, tanaman air, bunga2 yg dijual di pinggir jalan. Sebelum pulang mampir ke resto dgn tematik alam yg menjamur di sepanjang jalan, malamnya menikmati suasana lampu2 kota Bandung sambil mencicipi hidangan dan ngobrol. 


Terletak di desa Cihideung, kecamatan Parongpong. Dengan luas lahan sekita 50 hektar, desa wisata bunga cihideung merupakan kebun bunga raksasa yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terdapat masam-macam koleksi bunga, dan tentu saja anda dapat melampiaskan hasrat berbelanja (bunga) anda di sini.


Kampanye go greenyang tengah nyaring berbunyi saat ini menarik perhatian masyarakat. Banyak orang mulai  turut serta melakukan berbagai kegiatan yang tujuannya untuk menyelamatkan bumi dari krisis lingkungan.
Beberapa waktu lalu, pemerintah juga menyosialisasikan gerakan tanam seribu pohon. Setiap orang setidaknya menanam satu pohon sebagai kontribusi terhadap lingkungan. Beberapa dari masyarakat melirik tanaman hias untuk mereka tanam.
Tanaman hias yang sedang diburu masyarakat saat ini adalah pucuk merah, oliana. Tanaman perdu  yang masih satu keluarga dengan tanaman cengkih ini memiliki keunikan tersendiri.
Tampilan ujung daun mudanya yang berwarna merah dan oranye membuat tanaman ini begitu menarik. Pucuk tanaman muda yang baru tumbuh akan menyembul indah pada sela-sela daun yang menghijau layaknya bunga diantara dedaunan. Karena pucuknya lah tanaman ini lalu dikenal dengan nama pucuk merah.
Ntin Kartini, pemilik salah satu toko bunga di daerah wisata bunga Cihideung Lembang Kabupaten Bandung Barat, mengatakan setiap akhir pekan, pembeli banyak yang melirik pucuk merah. Bentuknya yang sederhana seperti perdu serta warna pucuknya yang menarik menjadi keistimewaan tersendiri. Selain itu perawatannya juga cukup mudah.
Ada trik-trik khusus untuk menjaga keindahan oliana ini. Agar pucuk merahnya tumbuh dengan indah, tanaman ini harus mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Hal ini agar tunas mudanya dapat tetap berwarna merah.
Jika pertumbuhan pucuk yang tidak seimbang pemotesan harus rutin dilakukan untuk menjaga bentuk indah oliana. Pemotesan daun-daun yang sudah tua dilakukan setidaknya dua minggu sekali. Daun  yang warnanya sudah memudar karena menua dipotes dengan tangan tepat pada ruas cabangnya.
“Pemotesan dengan tangan harus tepat pada ruas cabang agar tunas baru dapat segera tumbuh dari ruas yang telah dipotes tadi,” ucapnya.
Ntin mengatakan, kebanyakan pembeli oliana merupakan pencinta tanaman yang berasal dari Bandung. Namun tidak sedikit pula pembeli yang berasal dari luar kota. Mereka sengaja datang ke daerah Wisata Bunga Cihideung untuk mendapatkan pucuk merah.
Harga untuk oliana sendiri cukup murah. Polybag kecil dengan oliana setinggi 50 cm dijual seharga Rp. 20.000. Sedang untuk polybag besar dengan oliana setinggi 2 m dijual seharga Rp.300.000. Dengan harga mini oliana yang cantik bisa membuat perkarangan  lebih apik.
  • Kampung Gajah
Wisata alternatif lainnya yang ditawarkan dikawasan Cihideung adalah  Kampung Gajah, merupakan salah satu wahana permainan baru di Bandung. Terletak di Jalan Sersan bajuri. Di Kampung Gajah terdapat berbagai macam permainan yang di antaranya adalah Touring ATV, Fun Bike, Horse Riding, Outbound Activities, Segway, Buggy, dan SkyRider. Selain itu, terdapat juga food stand yang menyajikan menu-menu khas Kampung Gajah. Mulai dari menu spesial ala Kampung Gajah, European hingga Asian Cuisine. Semua dapat ditemukan di food standResto & Cafetaria, serta Bar & Lounge yang berada di sekitar area Kampung Gajah.Di Kampung Gajah juga terdapat children playground,  swing & swing, mini flying fox dan bike track.
Overall, Kampung Gajah menawarkan hiburan outdoor yang menarik. Harga permainan anak yang berkisar 20ribu ke atas tergolong cukup mahal, tapi memuaskan. It would’ve been nice if there was a swimming pool as well, though. Tentunya kalau dilengkapi kamar mandi yang memadai, ya. Beberapa pembangunan masih berlangsung di Kampung Gajah. Jadi bisa dipastikan masih akan ada tambahan permainan dan fasilitas umum nantinya.
Lapar? Jangan khawatir. Berbagai jenis makanan, dari jajanan seperti siomay, batagor, sosis bakar, es lilin, ice jelly sampai resto dengan view pegunungan dan lesehan makanan sunda tersedia di sana. Harganya? Yah, nggak terlalu murah tapi masih reasonable. Kalau sudah puas bermain, kita bisa mampir ke area memetik strawberry yang terpisah di dekat parkiran. Hasil petikan dihargai 60ribu/kg.
Satu hal yang kurang oke, dan cukup mengganggu, adalah fasilitas toilet! Untuk area hiburan seluas Kampung Gajah, mestinya disediakan lebih banyak toilet, dengan saluran pembuangan air yang lebih baik. Apalagi hampir semua pengunjung membawa anak kecil. 



Beberapa tips jika ingin ke Kampung Gajah:
  • Sebisa mungkin hindari pergi saat weekend, atau berangkatlah sepagi mungkin. Kampung Gajah buka jam 8 pagi, kok.
  • Pakai sunblock untuk seluruh keluarga, kalau perlu bawa sekalian.
  • Bawa sunglasses dan topi, termasuk untuk si kecil.
  • Bring cash! There’s no ATM facility in the area. (at least sampai akhir 2010 kemarin)
  • Sering-seringlah mengajak si kecil ke toilet, jangan tunggu sampai kebelet.

Villa Penginapan

Bagi temen-temen yang membawa keluarga terutama yang dari luar kota bandung dan ingin bermalam dilokasi, jangan kawatir disini ada beberapa beberapa alternatif yaitu salah satunya Villa pengginapan banyak bertebaran didaerah ini salah satunya Villa Gardenia, Villa Istana bunga ataupun Villa Pondok C2 didalam perumahan Century Hill semuanya berada di Jalan Sersan Bajuri - Cihideung - Bandung.
Referensi :


Lihat Tanpa judul di peta yang lebih besar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar