Senin, 11 April 2011

ADJIE NOTONEGORO

CIRI KHAS KEBAYA RANCANGAN ADJIE:
Kaya dengan detail dan selalu menyiratkan kemewahan. Adjie cenderung mempertahankan garis klasik kebaya dengan permainan warna-warna lace, payet, dan batuan dalam nuansa warna senada atau one tone.

Adjie Notonegoro adalah salah satu perancang papan atas Indonesia. Praktis kiprah didunia fashion Indonesia dikenal publik secara luas. Kepiawaian didunia rancang sudah diakui di negara ini dan juga dimanca negara. Pria yang ramah ini kerap diundang di negara lain untuk memperagakan koleksi-koleksi  rancangannya dan telah memperoleh sejumlah penghargaan, baik dari dalam maupun dari luar negeri.
Sebagai bukti, salah satu karya masterpiace-nya , sebuah kebaya couture dan batik mendapatkan kehormatan menghuni museum fashion bergengsi Museo Del Traje, The International Fashin and Costume Museum di Madrid Spayol, serta juga di Museum National de Laos di Vientiane , Laos. Tidak hanya itu pada tahun 2007, Adjie juga menyerahkan karyanya terbaiknya, berupa sebuah gaun pengantin couture bermotife batik yang terbuat dari sutera sifon dan organza, pada Natinal Gallery of Australia. 


Setelah menamatkan sekolah mode di ESMODE  MODELLE  L'ECOLE Paris dan Mueller und Sohn Modeschule, Dusseldorf di Jerman, ia mantap berkarir sebagai desainer ditanah ir dengan mendirikan rumah mode berlabel HOUSE OF ADJIE pada tahun 1986. Di awal karir di Indonesia, Adjie banyak merancang gaun malam, gaun cocktail, gaun pengantin dan juga kebaya. Garis cangannya  berstruktur dan terkenal dengan detail yang "njelimet" dan banyak mengundang kekaguman pada karyanya. Sebagai desainer yang menghargai budaya Indonesia, ia juga kerap mengangkat motif tradisinal khas Indonesia, seperti misalnya kain batik yang dirancangan dalam garis moderen. Pada tahun 1987, ia menjadikann kreasi batik sebagai satu line rancangannya.

Tahun 1989, ia mulai merancang motif batik  diatas sutra dan organdi. Seiring dengan inovasi-inovasinya dalam dunia rancangan Indonesia, karir modenya berjalan mulus. Bermodal bakat, kreativitas dan ilmu yang dimilikinya , berhasil menjadi salah satu desainer papan atas dan kebanggaan negeri ini dengan kerap memperkenalkan nama Indonesia di manca negara lewat karya-karyanya. Hal yang paling membanggakan bagi Adjie, tentunya ketika ia dipercaya untuk merancang batik untuk dikenalkan oleh tamu negara yakni para kepala negara yang berkunjung ke Indonesia seperti Sultan Brunei, Sultan Bolkiah, mantan presiden AS, Bill Clinton, dan presiden Fidel Castro.

Didalam negeri sendiri sudah tak terhitung banyaknya kalangan papan atas baik dilingkungan pejabat, selebritis dan pengusaha  yang mengenal rancanga Adjie. Salah satunya mantan presiden Almarhum Gus Dur (Abdulrahman Wahid). Kepercayaan ini tentu saja tak diraih Adjie dalam semalam. Latar belakang pendidikan formal desain yang handal serta kerja keras plus ketekunan nya, merupakan dasar yang kuat yang mengantarkannyasebagai perancang.

Adjie juga dikenal sebagai perancang kebaya yang konsisten. Ia berkomitmen untuk melestarikan busana nasional ini dengan merancang busana kebaya yang anggun, indah, elegance dan mewah. Tidak hanya wanita dewasa saja yang menjadi pelanggan Adjie. Sejak Maret 2010, Ia meluncurkan Labella yang dikhususkan bagi para remaja putri. rasanya lengkap keinginan Adjie untuk mempercantik wanita Indonesia lewat karya-karyanya. 

Sumber ; Kebaya in Style Volume 1/2010 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar