Kamis, 31 Maret 2011

KEBAYA



Sebuah Kebaya adalah kombinasi blus-pakaian tradisional yang dikenakan olehwanita di Indonesia, Malaysia, Brunei, Burma, Singapura, Thailand selatan. Kadang-kadang terbuat dari bahan tipis dan biasanya dikenakan dengan sarung atau kainbatik Panjang, atau pakaian tenunan tradisional lainnya seperti tenun ikat, songketdengan motif warna-warni.
Kebaya adalah busana nasional Indonesia, meskipun lebih akurat endemik Jawa,Sunda dan Bali [1] orang.

Etimologi

Kebaya terinspirasi dari pakaian kawasan Arab; [2] abaya kata bahasa Arab berartipakaian.


Sejarah



R.A. Kartini dan suaminya pada abad ke-19
Bentuk paling awal Kebaya berasal dari pengadilan orang Jawa Majapahit sebagai sarana untuk memadukan membungkus tubuh perempuan Kemban, ada wanitabangsawan untuk menjadi lebih sederhana dan dapat diterima oleh agama Islamyang baru diadopsi. Aceh, Riau dan Johor Kerajaan dan Sumatera Utaramengadopsi gaya kebaya Jawa sebagai alat ekspresi sosial status dengan tuanJawa lebih alus atau disempurnakan [3].
Nama Kebaya sebagai jenis pakaian tertentu yang dicatat oleh Portugis ketikamereka mendarat di Indonesia. Kebaya dikaitkan dengan jenis blus dipakai olehperempuan Indonesia di abad ke-15 atau 16. Sebelum 1600, kebaya di pulau Jawadianggap sebagai pakaian suci untuk dikenakan hanya oleh keluarga kerajaan,aristokrat (bangsawan) dan bangsawan kecil, di era ketika petani pria dan banyak wanita berjalan publik bertelanjang dada.
Perlahan-lahan secara alami menyebar ke sekitarnya melalui perdagangan,diplomasi dan interaksi sosial untuk Malaka, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesidan Kesultanan Sulu dan Mindanao [4] [5] [6] kebaya Jawa seperti yang ada sekarang telah dicatat oleh Raffles di 1817, sebagai sutra, brokat dan beludru,dengan pembukaan pusat dari blus diikat oleh bros, bukan tombol dan tombol-lubangselama kemben membungkus batang tubuh, dengan kain (dan meter kain unstitchedbeberapa bungkus panjang keliru disebut 'sarung di Bahasa Inggris (dengan aksen(sarung Malaysia: sarung) adalah dijahit untuk membentuk tabung, seperti pakaianBarat) Setelah ratusan tahun akulturasi daerah, pakaian telah menjadi sangat lokalekspresi budaya etnis, kesenian dan tradisi menjahit.
Bukti foto paling awal dari kebaya sebagai tanggal hari ini dikenal dari 1857 Jawa,Peranakan dan gaya Eurasia. [7

Kostum Komponen

Seorang wanita tua Sunda mengenakan kebaya sederhana, kain batik dan batikheadcloth, Jawa Barat.

Indonesia gadis di kebaya dan kain batik. Jejak kemban (membungkus batang tubuh) dapat dilihat di bawah kebaya brokat semi-transparan.
Kebaya klasik adalah kebaya Jawa seperti yang ada sekarang pada dasarnya tidak berubah seperti dicatat oleh Raffles pada tahun 1817 [8] [9]. Ini terdiri dari blus(kebaya) kapas, sutra, brokat renda, atau beludru, dengan pembukaan pusat dariblus diikat oleh bros pusat (kerongsang) dimana kelepak blus bertemu. Kebayatradisional tidak memiliki tombol di bagian depan. Sebuah kerongsang tiga potongkhas terdiri dari ibu kerongsang (ibu piece) yang lebih besar dan lebih beratdaripada anak dua kerongsang lain (potongan anak). Kerongsang bros seringmembuat dari perhiasan emas dan dianggap sebagai tanda status sosialbangsawan, kekayaan dan kemuliaan, namun untuk rakyat jelata dan petani perempuan, kebaya polos sederhana dan sering hanya diikat dengan sederhanapeniti (peniti).
Blus ini umumnya semi-transparan dan dikenakan di atas bungkus tubuh ataukemben. Rok atau kain adalah membungkus kain unstitched sekitar tiga meter. Kain sarung istilah dalam bahasa Inggris adalah salah, yang sarung (logat Malaysia:sarung) sebenarnya dijahit bersama untuk membentuk tabung, seperti pakaiankain-Barat adalah unstitched, membutuhkan penolong untuk berpakaian (harfiahwrap) pemakainya dan diadakan di tempat dengan string (tali), lalu melipat ini tali dipinggang, kemudian diadakan dengan ikat pinggang (atau ikat pinggang SABUK),yang dapat memegang saku dekoratif.

Varietas
Ada dua varietas utama. Blus, yang dikenal sebagai baju kebaya mungkin duabentuk utama: semi-transparan tegak memotong blus, Jawa, Bali dan kebaya Sundalebih erat disesuaikan dan kompatibel lebih Islam, lebih jelas baju kurung adalahlonggar, lutut-panjang blus lengan panjang yang dikenakan di wilayah Muslim yang lebih patuh-termasuk mantan Kerajaan Johor-Riau (sekarang Malaysia), Sumateradan sebagian Jawa pesisir.
Di Jawa, Bali dan Sunda, kain batik yang umumnya yang mungkin dari kapas dicapbiasa untuk batik tulis rumit yang dilukis dengan tangan bersulam sutra denganbenang emas. Di Lampung, kain adalah tapis tradisional-an emas benang-rumitbordir ikat dengan disk mika kecil [10] Sumatera, Flores, Lemata Timor, dan pulau-pulau lain yang umumnya menggunakan kain dari ikat atau songket.. Sumba terkenal dengan kain dihiasi dengan hada lau:. kerang dan manik-manik [11]
Selama penjajahan Belanda di pulau itu, wanita Eropa mulai mengenakan kebayakurang membatasi dan pendingin sebagai gaun formal atau sosial. Wanita Eropamemakai kapas panjang lengan pendek dan total dalam cetakan.
Kebaya hari Indo adalah kapas putih dipangkas dengan Eropa renda buatan tangan-umumnya dari Bruges atau Belanda dan sutera hitam untuk dipakai malam.
Di wilayah Malaka, berbagai berbeda kebaya disebut "nyonya kebaya" dipakai olehorang-orang keturunan Cina: orang-orang Peranakan. Kebaya Nyonya berbedadalam sepatu perusahaan terkenal rumit tangan manik-manik (kasut manek) danpenggunaan kain dengan motif batik sutera Cina atau diimpor Cina dicetak atautangan-dicat.
[sunting]

Signifikansi Politik

Satunya perempuan yang hadir selama di Indonesia Proklamasi Kemerdekaan,Belanda berpendidikan aktivis SK Trimurti-mengenakan kebaya penyemenansebagai gaun perempuan Nasionalisme.
Dalam kamp interniran Jepang selama Perang Dunia Kedua, tahanan perempuanIndonesia menolak untuk mengenakan pakaian Barat yang dialokasikan mereka dan sebagai gantinya mengenakan kebaya sebagai tampilan solidaritas Nasionalis danrasial terpisah dari sesama Cina, Eropa dan narapidana Eurasia. [12]
The 21 April dirayakan di Indonesia sebagai Nasional Hari Kartini di mana RadenAyu Kartini, suffragist perempuan dan pendidikan advokat diingat oleh anak sekolahmengenakan pakaian tradisional sesuai dengan wilayah mereka. Di Jawa, Bali danSunda itu adalah kebaya. [1]
Budaya persaingan antara Malaysia dan Indonesia telah menimbulkan pertengkaranmedia berbasis atas kepemilikan sejati kebaya '.
Mantan Presiden Megawati Sukarnoputri adalah juara umum kebaya dan mengenakan kebaya merah halus bila memungkinkan di forum publik dan 2009Presiden perdebatan pemilu.
Organisasi sosial Para istri birokrat Suharto-era 'Dharma Wanita mengenakanseragam kebaya emas, dengan selempang merah (selendang) dan pola batik cappada kain unik untuk Dharma Wanita. Istri pertama akhir Bahasa Indonesia danminor bangsawan Tien Soeharto juga seorang advokat terkemuka kebaya

Penggunaan Kebaya modern dan Inovasi





Singapore Girl kebaya modern


Garuda Indonesia pramugari seragam kebaya dan kain batik.
Selain dari kebaya tradisional, perancang mode sedang mencari cara memodifikasidesain dan membuat kebaya menjadi pakaian yang lebih modis. Casual dirancangkebaya bahkan bisa dikenakan dengan jins atau rok. Untuk pesta pernikahan atauacara formal, banyak desainer mengeksplorasi jenis kain halus seperti tali untukmembuat kebaya pengantin.
Kebaya modern-hari sekarang menggabungkan inovasi menjahit modern Barat seperti gesper, resleting dan-tombol ritsleting menjadi penambahan sangat dihargaiuntuk 'wanita memerlukan kamar mandi, tanpa memerlukan yang harfiah membuka bungkus oleh pembantu-sejauh yang kain yang benar adalah dekat bulat ditolak .Inovasi modern lain telah termasuk baju kebaya blus kemben dipakai tanpapembatasan, dan malam blus kebaya dikenakan dengan celana panjang atau yang terbuat dari kain biasanya untuk Panjang kain.
The "Singapore Girl" seragam yang dikenakan oleh pramugari Singapore Airlinesadalah sebuah interpretasi yang ketat agak lebih dari kostum tradisional denganhaute couture desainer Perancis Pierre Balmain pada tahun 1972, dianggap sebagai sebuah ikon internasional. Pramugari perempuan Malaysia Airlines jugamenampilkan kebaya batik sebagai seragam mereka.


Wanita berseragam pramugari Garuda Indonesia lebih interpretasi modern otentik,kebaya dirancang dalam kebaya kartini gaya sederhana namun klasik yang berasaldari abad 19 kebaya noblewomen Jawa. Kebaya terbuat dari kain kapas tahanapi-poliester, dengan sarung batik motif parang atau Lereng gondosuli, yang jugamemasukkan motif sayap garuda dan titik-titik kecil merupakan melati. [13]

Desainer terkemuka
1. Mr Raden Mas  Marga Alam desainer – DesignerJawa terkenal dan bangsawan dari rumah PakuAlam tajam dicari oleh sosialita Indonesia dan kaya. [14]3. Raden Sirait: desainer sarung dan kebaya untuk para peserta Putri Indonesia.4. Anne Avantie.5. Alin Anuar: Direktur Kreatif Rumah Skaly Chantiq dari Kebaya [15
Referensi

1. ^ ab Jill Forshee, Budaya dan adat istiadat Indonesia, Greenwood Publishing Group:2006: ISBN 0313333394: 237 halaman
^ Denys Lombard (1990) (dalam bahasa 2.^Perancis). Le carrefour javanais: Essaidhistoire globale (et Civilisations sociétés). Ecole des Hautes Etudes en socialesilmu. ISBN 2713209498.
3.^ Maenmas Chavalit, Maneepin Phromsuthirak: Costumes di ASEAN: ASEANKomite Kebudayaan dan Informasi: 2000: ISBN 974-7102-83-8: 293 halaman
4.^ S A. Nies, Ann Marie Leshkowich, Carla Jones: fashion Re-orientasi: globalisasigaun Asia Berg Publishers: 2003: ISBN 1-85973-539-8, 9781859735398, 283halaman pp 206-207
5.^ Cattoni Membaca Kertas Kebaya telah disampaikan kepada Konferensi Biennial15 Studi Asia Association of Australia di Canberra 29 Juni - 2 Juli 2004.
6.^ Tekstil Indonesia Michael Hitchock: Harper Collins 1991
7.^ Maenmas Chavalit, Maneepin Phromsuthirak: Costumes di ASEAN: ASEANKomite Kebudayaan dan Informasi: 2000: ISBN 974-7102-83-8: 293 halaman
8.^ Panular, PBR Carey, The British di Jawa, 1811-1816: account Jawa: edisi teks,sinopsis bahasa Inggris dan komentar tentang British Library Tambahan Naskah12330 (Babad Bĕdhah ing Ngayogyakarta), British Academy oleh Oxford UniversityPress: 1992, ISBN 0-19-726062-4: 611 halaman
9.^ John Pemberton, Pada subjek "Java", Cornell University Press:, 1994 ISBN 0-8014-9963-1: 333 halaman
10.^ Inger Mcabe Elliott Batik: Kain dongeng Jawa, Hong Kong Periplus: 2004
11.^ Mattiebelle Gittinger, Untuk Bicara dengan Cloth: Studi di University of Californiatekstil Indonesia: 1989
12.^ Cattoni Membaca Kertas Kebaya telah disampaikan kepada Konferensi Biennial15 Studi Asia Association of Australia di Canberra 29 Juni - 2 Juli 2004: 8
13.^ Kompas Kebaya Terbang Bersama Perempuan
14.^ http://lifestyle.okezone.com/read/2008/12/16/194/174166/194/marga-alam-lelaki-dalam-bisnis-kebaya
15.^ www.chantiqskaly.com
 
Sumber : wikipedia  diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar