Minggu, 24 April 2011

WANA WISATA CIKOLE





Wana wisata Cikole terletak diRPH Cikole BKPH Tangkubanperahu KPH Bandung Utara, yang secara administrasif pemerintahan terletak di Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Wana wisata ini terletak pada ketinggian 1.300m dpl, konfigurasi lapangan umumnya landai sampai bergelembong Kawsan ini mempunyai curah hujan 2.700 mm/tahun dengan suhu udara 12-29C.
Wana wisata ini terdiri dari hutan alam dan tanaman campuran (pinus, agathis dan kaliandra). Sumber air yang ada berupa mata air yang saat ini dimanfaatkan untuk keperluan pengunjung. Potensi visual lansekap didalam kawasan
yang menarika adalah hutan alam, hutan tanaman, dan pegunungan dengan udara yang sejuk.


Wana wisata ini selain digunakan untuk wisata harian juga untuk wisata berkemah. kegiatan wisata yang dapat dilakukan adalah piknik, lintas alam dan hiking, sedangkan untuk kegiatan berkemah tersedia beberapa kompleks perkemahan dengan kapasitas tampung 50 unit kemah. Berkemah di lokasi ini sangatlah mengesankan, karena Anda bisa belajar tentang alam, gunung api dan lingkungannya terutama mengenai hutan tropis dan vulkanologi. Semula kawasan hutan seluas 10ha ini merupakan hutan produksi pinus yang kemudian dikembangkan sebagai bumi perkemahan. Wana wisata ini dijadikan sebagai areal penyangga dimana TWA Tangkuban Perahu terlalu padat oleh pengunjung.


Selain dipergunakan sebagi bumi perkemahan, Cikole juga dipergunakan sebagi lokasi wisata zona tempur, sebuah permainan perang-perangan mengasyikkan sejenis paintball. Mereka yang berperang adalah para wisatawan yang sengaja datang untuk mengikuti atraksi simulasi tempur. Wisata tempur yang diberi   nama zona simulasi tempur paint ball zone 235 itu meliputi beberapa atraksi, yaitu saling rebut bendera, saling menghabisi lawan, dan pembebasan sandera. Satu babak pertempuran diikiti minimal oleh enam orang alias tiga lawan tiga. Didukung lingkungan alam hutan pinus Cikole yang berada di lembah Gunung Tangkuban Parahu, permainan berbentuk simulasi itu seolah-olah sungguhan saja. Harga untuk satu kali bermain paint ball sebsar Rp. 50.000 untuk umum dan Rp. 45.000 untuk pelajar. Sudah termasuk senapan, 40 butir peluru, pakaian, helm, dan sepatu. Waktu yang disediakan dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB.


Fasilitas yang terdapat dibumi perkemahan ini antara lain pagar pengaman, shelter, jalan setapak, jembatan,  tempat parkir, gardu jaga, gerbang/ loket karcis, rumah petugas, musholla, MCK, instalasi air dan  instalasi listrik, mesin diesel.


Wana wisata ini dapat dicapai dari Kecamatan Lembang (17km) Cisarua (7km), Cimahi (23km) dan dari Kabupaten/Kodya Bandung (25km) Subang(45km) Jakarta(205km). Kondisi jalan umumnya baik dan beraspal sehingga dapat dilalui baik kendaraan roda empat maupun dua. Sarana transportasi umum yang ada berupa colt dan bus.

Cikole memiliki potensi sebagai destinasi wisata untuk kegiatan gathering-outbound bagi group perusahaan atau sekolah. Untuk membantu merealisasikan acara Anda, disini  banyak  event organizer menawarkan kemasan khusus dengan sentuhan 'buttler service'

Berbagai pilihan akomodasi ditawarkan mulai dari Hotel Bintang, Hotel Melati, Villa, sampai dengan konsep Camping untuk memenuhi kebutuhan acara Gathering Outbound Perusahaan, Keluarga, Komunitas dan Sekolah.

Sebagai pelengkap kegiatan, tersedia berbagai aktifitas outbound dengan pilihan lokasi sesuai kebutuhan (seperti : flying fox, paintball, rafting, landrover, team building program, Outbound Training, City Treasure Hunt, Jungle Treasure Hunt, Amazing Race sampai dengan Wisata Edukasi).

Selepas beraktifitas, wisata belanja berupa oleh-oleh khas Bandung atau pun belanja pakaian di factory outlet yang tersebar di kota Bandung merupakan salah satu aktifitas wisata pelengkap kegiatan Anda.

Pilihan paket  kemas untuk :
- Company OutingCompany Gathering
- Family Gathering,
- School Trip Program, serta
- Outbound Program

http://maps.google.co.id/maps?hl=id&gbv=2&q=cikole&ie=UTF8&z=12


Diambil dari berbagai sumber.

Lihat Peta Lebih Besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar